Bimbingan Teknis Jemput Bola Atasi Permasalahan BUM Desa (JEMPOL IBU)

  • Mar 28, 2024
  • Sumberarum

Sumberarum-Pemerintah Provinsi Jawa Timur Melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

Kabupaten Tuban Melaksanakan Bimbingan Teknis Jemput Bola Atasi Permasalahan BUM Desa (JEMPOL IBU) dalam rangka Pemberdayaan BUM Desa untuk Persiapan Kerjasama BUM Desa BULOG di Balai Desa Sumberarum, Selasa, 26 Maret 2024.

BIMTEK JEMPOL IBU adalah kegiatan pelatihan  yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi peserta dalam pengelolaan BUMDes.

Fokus dari kegiatan BIMTEK JEMPOL IBU ini adalah bagaimana kepengurusan legalitas BUMDes serta update Data Desa Center versi 3. Hal ini sebagaimana di sampaikan oleh Bapak Lianto, SE, M.Sos selaku Sub Koordinator Pemberdayaan Lembaga Ekonomi Desa.

“Dalam kegiatan ini ada dua hal yang hendak kita bahas yaitu mengenai legalitas BUMDesa serta update data desa center versi 3”, ungkapnya.

Adapun narasumber yang memberikan materi pada BIMTEK JEMPOL IBU  ini adalah terdiri dari Dinas DPMD Provinsi Jawa Timur, Bank Jatim dan Tenaga Ahli Data Desa Center.

BIMTEK JEMPOL IBU ini sangat penting karena sebagai penunjang kinerja pengelola BUMDes. Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh Bapak Kuntil S. Sos selaku Panitia Penyelenggara, “Bimtek ini sangat penting karena untuk menunjang kinerja BUMDes di Jawa Timur”, ungkapnya.

Lebih lanjut, Pak kuntil sapaan akrabnya mengucapkan terima kasih kepada DPMD Provinsi Jawa Timur yng telah memberikan kepercayaan kepada Kabupaten Tuban sebagai tempat penyelenggaraan BIMTEK JEMPOL IBU kali ini. Hal ini merupakan program progesif dalam mengatasi permasalahan yang selama ini ada di BUMDes.

“Saya sampaikan terima kasih kepada DPMD Provinsi Jawa Timur yang telah memilih Kabupaten Tuban sebagai tempat pelaksanaan BIMTEK JEMPOL IBU”, sambungnya.

Kemudian ia berharap kepada semua peserta BIMTEK JEMPOL IBU agar maksimal dalam mengikuti kegiatan ini sehingga dapat melakukan kepengurusan ijin BUMDes bagi BUMDes yang belum mendapatkan sertifikat badan hukum.

“Agar BIMTEK ini diikuti sampai selesai agar supaya BUMDes yang belum memiliki ijin dapat mengurus perijinannya”, harapnya.

 Untuk diketahui bahwa, pada kegiatan BIMTEK JEMPOL IBU ini mengundang sejumlah peserta yang terdiri dari Kabupaten Tuban, Bojonegoro dan Lamongan dengan jumlah total peserta 30 orang, (kaerul)