SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA SUMBERARUM =============== PEMERINTAH DESA SUMBERARUM KECAMATAN KEREK KABUPATEN TUBAN =============== "MENJADIKAN DESA SUMBERARUM LEBIH MAJU , SEJAHTERA DAN SANTUN."

Artikel

Dalam rangka HUT-RI KE-77 Pemerintahan Desa Sumberarum Gelar Andongan di Wisata Sumberarum Park

28 September 2022 11:26:00  Admin  47 Kali Dibaca  Berita Lokal

Sumberarum-Dalam rangka Hari Ulang Tahun Republik Indonesia Ke-77 Pemerintahan Desa Sumberarum Menggelar Kesenian Andongan atau Tayub di Taman Wisata Sumberarum Park. Selasa (23/08)

Sebagai salah satu kesenian tradisional yang dimiliki oleh kabupaten Tuban, Langen Tayub merupakan kesenian tradisional yang masih exits hingga saat ini khususnya di desa Sumberarum. Kesenian ini banyak digelar saat ada acara pernikahan, khitanan, atau acara rutin yang diadakan tiap tahun untuk menghormati para leluhur. Masyarakat sekitar sering menyebut kesenian ini dengan nama “sindir”.

Adapun di desa Sumberarum sendiri, bertepatan dengan perayaan HUT-RI KE-77 menggelar Andongan atau pagelaran tayub di Wisata Sumberarum Park sekaligus juga untuk melestarikan budaya tradisional yang semakin lama semakin dijauhi oleh masyarakat.

Kepala desa Sumberarum Narto mengatakan, “pelaksanaan Andongan atau pagelaran lagen tayub ini diadakan karena bertepatan dengan HUT-RI ke 77 sekaligus juga untuk meng uri-uri atau menghidupkan kembali kesenian tradional yang sudah hampir punah”.

Mengingat kondisi zaman sudah berubah, selera masyarakat pun juga berubah, namun sebagai bentuk kecintaan kita terhadap negara Indonesia, mencintai budaya sendiri itu akan menumbuhkan jiwa nasionalisme kita kepada negara, dan itu bisa dimulai dengan melestarikan budaya yang ada disekitar kita tak terkecuali kesenian tayub.

Lebih lanjut ia berharap, “Semoga dengan adanya pagelaran tayub ini, masyarakat bisa semakin tertarik kembali untuk menghidupkan kesenian tradisional mereka sekaligus juga untuk menghidupakn perekonomian para pelaku kesenian tayub tersebut”, (kaerul).

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Wilayah Desa

Peta Desa

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:136
    Kemarin:730
    Total Pengunjung:346.397
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.197.198.214
    Browser:Tidak ditemukan