SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA SUMBERARUM =============== PEMERINTAH DESA SUMBERARUM KECAMATAN KEREK KABUPATEN TUBAN =============== "MENJADIKAN DESA SUMBERARUM LEBIH MAJU , SEJAHTERA DAN SANTUN."

Artikel

Sarasehan Desa Siaga Desa Sumberarum Sebagai Upaya Meningkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat

08 Juni 2022 12:10:48  Admin  64 Kali Dibaca  Berita Lokal

Sumberarum-Pada hari Kamis, 2 Juni 2022 telah diadakan Sarasehan Desa Siaga di Balai Desa Sumberarum oleh Puskemas Kerek bersama Pemerintahan Desa Sumberarum.

Pada kegiatan tersebut dihadiri oleh segenap Perangkat Desa, PKK , Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama serta Kader Kesehatan Desa Sumberarum yang dipelopori oleh Bidan Desa Sumberarum Wivi Werstanti dan Tim Kesehatan dari Puskesmas Kerek.

Desa siaga merupakan strategi baru pembangunan kesehatan. Desa siaga lahir sebagai respon pemerintah terhadap masalah kesehatan di Indonesia yang tak kunjung usai. Tingginya angka kematian ibu dan bayi, munculnya kembali berbagai penyakit lama seperti tuberkulosis paru, dan merebaknya berbagai penyakit baru yang bersifat pandemik seperti SARS, HIV/AIDS dan flu burung serta belum hilangnya penyakit endemis seperti diare dan demam berdarah merupakan masalah utama kesehatan di Indonesia.

Desa siaga merupakan salah satu bentuk reorientasi pelayanan kesehatan dari sebelumnya bersifat sentralistik dan top down menjadi lebih bersifat partisipatif dan bottom up yang melibatkan peran aktif masyarakat.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Sumberarum Narto berpesan kepada para Kader Kesehatan Desa Sumberarum bahwa, “Kader desa siaga tolong untuk lebih giat lagi karena kalian yang sudah mendengar dan melihat langsung kondisi warga, kemudian masing-masing kader harus mendeteksi sedini mungkin terkait dengan masalah kesehatan warga”, kamis (02/06).

Beliau juga beresan kepada pemerintah agar kader kesehatan yang merupakan garda terdepan dalam mewujudkan kesehatan warga haus juga dijamin kesehatannya lewat program BPJS.

“Siapapun yang terlibat langsung di desa dalam hal kesehatan harus di BPJS kan, jangan sampai menyehatkan masyarakat tapi diri kita sendiri tidak aman, ini adalah kewajiban yang harus diberikan pemerintah untuk memberikan safety kepada kader kesehatan”tambahnya.

Sebagaimana kita ketahui bahwa, desa siaga secara umum bertujuan untuk mewujudkan masyarakat desa yang sehat, peduli serta tanggap terhadap permasalahan kesehatan di wilayahnya.

Senada dengan hal tersebut,  dr. Ika Raudlotul Saadah selaku Tim dari Puskesmas Kerek mengatakan bahwa, “Tujuan kita berkumpul pagi ini adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat desa Sumberarum dengan cara untuk lebih berperan aktif dan siap siaga untuk hal-hal yang tidak kita inginkan, sehingga kita bisa memitigasi resiko-resiko apa yang memang berpotensi timbul ditengah-tengah masyarakat  baik itu masalah kesehatan, bencana alam dan masalah sosial yang lain”.

Tujuan mitigasi terhadap resiko-resiko yang kemungkinan timbul adalah setidaknya dapat dilakukan prediksi akan kemungkinan hal-hal yang akan terjadi ke depan.

Lebih lanjut ia menambahkan, “Dengan lebih jelinya kita  dalam memitigasi resiko-resiko tersebut maka harapanya tidak terjadi bencana-bencana diluar kendali kita”.

Dalam mewujudkan desa siaga, tentunya dibutuhkan peran serta masyarakat karena itu merupakan keberhasilan desa siaga serta indikator input dan outputnya.

“Keberhasilan desa siaga tergantung dari beberapa hal, mulai dari input dan outputnya, kemudian kader-kader kesehatan dalam menangani kesehatan”imbuhnya.

Beliau juga memberikan ucapan terima kasih kepada Pemerintahan Desa Sumberarum atas diberikannya fasilitas serta waktu dalam memaparkan materi desa siaga ini.  

“Terima kasih saya sampaikan kepada Pemerintahan Desa Sumberarum yang telah memberikan fasilitas dan juga  waktu untuk memaparkan tentang desa siaga”sambungnya, (kaerul).

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Wilayah Desa

Peta Desa

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:682
    Kemarin:640
    Total Pengunjung:259.939
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.229.117.123
    Browser:Tidak ditemukan