SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA SUMBERARUM =============== PEMERINTAH DESA SUMBERARUM KECAMATAN KEREK KABUPATEN TUBAN =============== "MENJADIKAN DESA SUMBERARUM LEBIH MAJU , SEJAHTERA DAN SANTUN."

Artikel

Tradisi Sedekah Bumi Desa Sumberarum Sebagai Upaya Merawat Budaya Leluhur Agar Tetap Lestari

24 Juni 2022 10:29:02  Admin  46 Kali Dibaca  Berita Lokal

Sumberarum-Sedekah bumi, merupakan warisan budaya dan adat peninggalan leluhur terdahulu yang wajib dilestarikan bagi seluruh komponen masyarakat. Tradisi sedekah bumi merupakan salah satu bentuk ritual tradisional masyarakat yang sudah berlangsung secara turun temurun.

Demikian disampaikan oleh Kepala Desa Sumberarum Narto saat menghadiri acara sedekah bumi atau manganan di makam Mbah Warso Desa Sumberarum, Minggu (22/05).

“Manganan atau sedekah bumi itu adalah warisan budaya leluhur kita dulu yang sampai saat ini masih kita lakukan dan akan selalu kita lakukan”.

Sedekah bumi, merupakan wujud rasa syukur manusia kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rejeki melalui bumi berupa segala bentuk hasil bumi.

Dalam memahami sedekah bumi atau manganan, ia mengatakan, “Arti manganan adalah rasa syukur dengan membawa makanan untuk berbagi terhadap sesama” sambungnya.

Dalam kegiatan sedekah bumi di Desa Sumberarum ini biasa dilakukan di tempat area makam para leluhur setempat, sehingga disamping hal ini merupakan wujud rasa syukur warga Desa Sumberarum Kepada Tuhannya juga sebagai pengingat bagi yang hidup akan pentingnya menghadapi kematian.

Namun ia menambahkan, agar kegiatan sedekah bumi ini dapat berjalan dengan baik maka ke depan akan dilokalisir sebuah tempat yang khusus untuk melakukan kegiatan sedekah bumi tersebut, sehingga tidak bercampur jadi satu dengan pemakaman warga yang ini adalah merupakan salah satu bentuk penghormatan bagi orang yang sudah meninggal.

“Untuk ke depan kita akan melokalisir tempat manganan sehingga tidak bercampur dalam satu tempat dengan pemakaman karena ini merupakan bentuk penghormatan terhadap arwah yang telah meninggal dunia” ungkapnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut adalah seluruh perangkat Desa Sumberarum, tokoh agama, tokoh masyarakat, BPD serta masyarakat setempat, (kaerul).

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Wilayah Desa

Peta Desa

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:572
    Kemarin:640
    Total Pengunjung:259.829
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.229.117.123
    Browser:Tidak ditemukan