17 Desember 2019 13:57:05
Ditulis oleh Admin

Pelatihan Optimalisasi Website Desa di Sekitar PT SI (Persero) Tbk Pabrik Tuban

16-17 Desember bertempat di Gedung Paripurna DPRD Kabupaten Tuban telah dilaksanakan Pelatihan Optimalisasi Website Desa yang diselenggarakan atas kerjasama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tuban dan PT Semen Indonesia  (Persero) Tbk.

Atas terselenggaranya pelatihan ini, diharapkan informasi dan kegiatan desa bisa diketahui oleh khalayak ramai dengan cara yang lebih mudah. Sesuai dengan moto transparansi dan akuntabel seluruh kegiatan desa yang berhubungan dengan Kegiatan APBDes baik itu kegiatan fisik ataupun non fisik.

Dibuka oleh Bapak Ketua DRPD Bapak MIYADI dan Perwakilan PT SI yakni Bapak IWAN. Pembukaan Website ini dihadiri oleh Kepala Desa, Operator Kecamatan, dan Operator Website Desa.

Diterangkan oleh para nara sumber dan Diskominfo yakni mas WIDI UTOMO "Semua informasi di desa bisa diupload dan dilihat olah warga desa khususnya, dan nitizen seluruh dunia pada umumnya".

Selain mas Widi juga ada mas SRIWIYONO "Membuat berita cukup mudah, asal bisa memenuhi 6 syarat yakni 5W dan 1H. Yakni What, Where, When, Why, Who dan How. Sehingga berita yang dibaca bisa diterima dengan mudah dan jelas".

Sementara diterangkan oleh narasumber yang merupakan salah satu Perangkat Desa sebagai Kaur Perencanaan  di Desa Kauman Bojonegoro menerangkan bahwa "Sebenarnya website desa ini bisa mempermudah pekerjaan desa. Contoh pembuatan berbagai  surat keterangan  tanpa perlu mengetik manual, bisa langsung input nama dan nik warga, maka surat bisa langsung  dapat dicetak. Ada lagi untuk mengetahui statistik penduduk berdasarkan pendidikan dan usia bisa langsung diketahui dengan cara yang mudah dan cepat. Website desa memang berat diawal, tapi mudah dibelakang".

Diakhir sesi pertemuan dihari kedua ini diterangkan oleh narasumber dari Kapolres Tuban Ipda AGUS yang menerangkan tentang bahayanya hoax yang saat ini banyak ditemukan di media sosial, baik facebook, whatsapp dan media sosial yang lain.  Beliau menerangkan tentang HOAX adalah "setiap perilaku ilegal yang dilakukan dengan maksud atau berhubungan dengan sistem komputer atau jaringan, termasuk kejahatan pemilikan, penawaran atau distribusi dari komouter sistem atau jaringan. Sedangkan Cyber Crime apat diartikan sebagai "Perbuatan melawan hukum dan/atau tanpa hak berbasis teknologi informasi atau dengan memakai komputer, dsb".

Beliau menerangkan secara panjang lebar kejahatan-kejahatan dunia maya ang saat ini banya terjadi dimasyarakat. Bahkan hampir setiap minggu polres menerima laporan tentang kejahatan dunia maya ini. Seperti yang berhubugan dengan penipuan online shop yang merugikan, bahkan sampai 25 juta.

Demikian harapan kita semua, supaya website desa ini bisa menjadikan desa kita lebih maju dalam informasi dan menyambut era digital yang sangat cepat ini.

 

 

 

 



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 3 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus