SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA SUMBERARUM =============== PEMERINTAH DESA SUMBERARUM KECAMATAN KEREK KABUPATEN TUBAN =============== "MENJADIKAN DESA SUMBERARUM LEBIH MAJU , SEJAHTERA DAN SANTUN."

Artikel

Realisasi CSR PT SI Melalui Pengeboran Irigasi Di Lahan Pertanian Warga Desa Sumberarum Tahun 2022

08 Januari 2022 14:52:26  Admin  29 Kali Dibaca  Berita Lokal

Sumberarum-Realisasi Program Pemberdayaan Masyarakat dari dana PT. SI,  CSR PT SI dan Dana Desa melalui pengeboran irigasi pertanian terpadu di lahan pertanian Desa Sumberarum, Sabtu (08/01).

Tadah hujan adalah lahan yang sistem pengairannya sangat mengandalkan curah hujan. Petani umumnya mengusahakan lahannya saat air tidak cukup di musim penghujan, sedangkan pada musim kering lebih banyak dibiarkan untuk tidak digarap karena air sulit didapat, hal ini sebagaimana terjadi di lahan pertanian warga Desa Sumberarum.

Atas kondisi tersebut, Kepala Desa Sumberarum Narto berinisiatif untuk bagaimana caranya agar lahan pertanian warga Desa Sumberarum selalu produktif walaupun di musim kemarau, ia mengatakan, “Saya melihat di wilayah saya dan lebih umum di Kecamatan Kerek ini kan mayoritas kekurangan air untuk petani, ketika musim kemarau banyak yang nganggur hingga berbulan-bulan gara-gara tidak ada airnya, akhirnya saya membuat beberapa titik air untuk di lakukan pengeboran”.

Desa Sumberarum yang kebetulan merupakan wilayah ring satu PT. Semen Indonesia yang setiap tahun memberikan dana CSR nya untuk beberapa program, maka dana CSR tersebut difocuskan untuk pemberdayaan masyarakat dengan membuat pengeboran air untuk irigasi pertanian yang disinyalir dapat lebih dirasakan manfaatnya oleh seluruh warga Desa Sumberarum.

“Ketika itu saya berpikir kalau dari dulu CSR itu hanya diberikan kepada kelompok-kelompok atau organisasi masyarakat yang sifatnya masih pribadi-pribadi, kan berhasilnya tidak ada, kalaupun toh itu berhasil itu pun sifatnya pribadi maupun kelompok” tambahnya.

Dalam melaksanakan pembangunan, sinergitas merupakan sebuah keniscayaan baik dari pemberi maupun penerima bantuan, sehingga program kerja yang direncanakan dapat terrealisasi dengan tepat sasaran.

“Untuk CSR itu adalah bantuan dari industri dari perusahaan BUMN yang diterima desa, akan tetapi perusahaan sendiri juga membawa program tentang CSR juga kepada desa, yang mana minta dilakukan oleh desa sesuai dengan programnya, dan desa selalu mengikuti apa yang menjadi metode atau yang menjadi juknis daripada perusahaan itu sendiri” sambungnya.

Dengan adanya pengeboran untuk irigasi pertanian, bisa dipastikan hasil pertanian akan meningkat dari dua kali panen dalam setahun karena tadah hujan menjadi tiga kali panen karena adanya irigasi.

Dalam kesempatan yang berbeda, Ketua BPD Sumberarum Suwanto mengatakan, “Memang dari dulu Sumberarum itu hanya tergantung pada tadah hujan, kalau memang hujannya bagus bisa dua kali panen, tapi kalau memang hujannya tidak normal, berarti hanya bisa satu kali panen, yaitu di tegal hanya bisa satu kali panen, dan di sawah mungkin bisa dua kali yaitu padi di musim hujan dan musim kemaraunya itu jagung”.

Dalam menjalankan gagasannya, Kepala Desa Sumberarum tentu tidak bekerja sendiri, ia harus disertai mitra kerjanya yang lain yaitu perangkat desa dan juga BPD Sumberarum, sehingga seluruh gagasannya dapat diaktualisasikan.

“Lah pengeburan ini memang dari awal kita ragu masalahnya deteksi airnya kita juga nggak ada dan dari dulu memang pernah dibor dan memang tidak keluar, satu kali dua kali, tapi dengan tekad bersama dan doa bersama akhirnya satu demi satu gagasan itu diwujudkan” sambung pria yang juga aktif sebagai tenaga penyuluh pertanian di Kecamatan Kerek ini.

Dari sisi penganggaran, program pengeboran untuk irigasi pertanian ini berasal dari CSR PT SI dan juga APBdes Sumberarum, “Pengeboran di danai dari CSR yang selanjutnya bisa dianggarkan dari dana APBdes, akhirnya berjalan satu pengeboran berhasil dua pengeboran berhasil, selanjutnya kita diberi kemudahan semua bisa keluar air dan bisa untuk mengairi pertanian di wilayah Desa Sumberarum” tambahnya.

Adapun data jumlah titik pengeboran air untuk irigasi di wilayah lahan pertanian warga Desa Sumberarum hingga saat ini adalah sebagai berikut:

No

Lokasi Pengeboran Air

Sumber Dana

Tahun

Anggaran

Pelaksana Pembangunan

Pengelola

Keterangan

1

Utara Wisata Sumberarum Park

CSR PT. SI

2019

Rp. 102.000.000

Nov-Des

Desa

-

2

Utara Desa Sumberarum

CSR PT. SI

2020

Rp. 129.200.000

Okt-berkelanjutan

Desa

-

3

Selatan Kantor Pertanian

CSR PT. SI

2020

Rp. 129.200.000

Okt-berkelanjutan

Desa

-

4

Selatan Dusun Sumberjo

DD

2021

Rp. 148.000.000

Jan- berkelanjutan

Desa

-

5

Selatan Desa Sumberarum

DD

2021

Rp. 148.000.000

Jan- berkelanjutan

Desa

-

6

Timur Dusun Sumberjo

CSR PT. SI

2021

Rp. 129.000.000

Okt-Nop

-

Belum operasi

7

Barat PT. SI

PT. SI

2020

-

PT. SI

Poktan Maju Makmur

Irigasi Terpadu Petani Green Belt

8

Barat PT. SI

PT. SI

2020

-

PT. SI

Poktan Maju Makmur

Irigasi Terpadu Petani Green Belt

9

Barat PT. SI

PT. SI

2021

-

PT. SI

Poktan Maju Makmur

Belum beroperasi

Untuk diketahui, hingga saat ini total titik pengeboran untuk irigasi pertanian sejumlah sembilan titik yang tersebar diseluruh area pertanian warga Desa Sumberarum, baik yang didanai oleh PT. SI, CSR PT. SI, maupun juga  ada yang dari Dana Desa. Adapun untuk lahan yang dapat terairi sekitar 70 ha dengan jumlah petani pemilik lahan sekitar 155 orang, (kaerul).

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Wilayah Desa

Peta Desa

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:182
    Kemarin:363
    Total Pengunjung:145.629
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:54.224.117.125
    Browser:Tidak ditemukan