SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA SUMBERARUM =============== PEMERINTAH DESA SUMBERARUM KECAMATAN KEREK KABUPATEN TUBAN =============== "MENJADIKAN DESA SUMBERARUM LEBIH MAJU , SEJAHTERA DAN SANTUN."

Artikel

Bantuan Irigasi Terpadu Petani Green Belt, Narto: Terima Kasih PT. Semen Indonesia

05 Januari 2022 06:26:54  Admin  29 Kali Dibaca  Berita Lokal

Sumberarum-Bantuan Irigasi Terpadu Petani Green Belt Tahun 2020 di wilayah Lahan Pertanian Desa Sumberarum, Rabu (05/01).

Pertanian merupakan sektor yang dapat memberikan kontribusi positif bagi perekonomian nasional dan dampak positif bagi perekonomian lokal khususnya warga Desa Sumberarum. Namun terkadang kondisi pengairan yang kurang stabil---karena hanya mengandalkan air hujan---maka hasil panen para petani juga kurang maksimal. Ditambah lagi dengan sebagian besar lahan pertanian warga Desa Sumberarum berada di area sekitar perusahaan Semen Indonesia yang tanamannya banyak terkena debu pabrik yang menyebabkan hasil panen yang kurang maksimal.

Salah satu petani yang tanamannya terdampak debu Tumbras mengatakan, “Dengan adanya perusahaan Semen Indonesia disekitar wilayah lahan pertanian ini banyak lahan pertanian yang terkena debu jalan, jalan tambang, debu pabrik juga, terus yang paling dekat itu jalan tambang dan batu bara yang dapat menyebabkan daun jagung puret dan bunga mangga tidak bisa jadi buah”.

Atas keadaan tersebut makai ia dan pemilik lahan pertanian sekitar perusahaan Semen Indonesia berinisiatif untuk membuat paguyuban guna menyalurkan aspirasinya, “Kemudian kami membentuk suatu paguyuban yang pada waktu itu hanya beranggotakan 40 orang untuk meminta kepada pihak semen untuk memberikan semacam ganti rugilah”, sambungnya.

Adapun untuk wilayah yang masuk area Gren Belt adalah, “Kawasan pinggir pabrik tapi tidak masuk wilayah PT Semen Indonesia yaitu sepanjang area pertanian ke utara dan 300 m ke barat” tambahnya.

Namun, “Sebelum adanya Green Belt, pemilik lahan pertanian area Green Belt tahun pertama diberi uang kompensasi ganti rugi, tahun kedua diberi pupuk, obat-obatan, tahun ketiga tidak diberi apa-apa, tahun keempat diberi pengeboran untuk irigasi ini”, sambung pria yang juga sebagai Perangkat Desa Sumberarum ini.

Dalam kesempatan yang berbeda, Kepala Desa Sumberarum Narto mengatakan, “Tujuan dari PT Semen Indonesia untuk memberikan sumur air sama dengan program Pemerintah Desa, cuma dia area-area di lingkungan pabrik agar bisa menopang hijaunya tanaman yang daunnya banyak debunya akibat debu dari perusahaan makanya di situ diberikan titik-titik air”.

“Nah, dengan keadaan tersebut akhirnya gimana caranya? Ternyata para petani ini juga bisa diterima dan bisa untuk sharing di perusahaan Semen Indonesia, dan Semen Indonesia sendiri juga merespon. Nah, berarti kan dua-duanya sudah klik. Klik, ingin menghijaukan lingkungan, dan secara cepat sekali respon dari PT Semen Indonesia dan langsung dibuatkan sumur air plus tandon” tambahnya.

Karena irigasi pertanian terpadu Green Belt ini adalah program Semen Indonesia, maka pelaksanaannya pun ditangani oleg PT Semen Indonesia. Ia menambahkan, “Adapun pengelolaannya itu ditangani oleh Green Belt sendiri, tidak desa karena itu memang wilayahnya wilayah Green Belt dan di kelola koperasi dari semen itu sendiri, koperasi Green Belt sendiri”, sambungnya.

“Harapan ke depan supaya bisa ada semacam kegiatan yang lebih positif lagi untuk memajukan petani yang ada di lingkungan pabrik yang ada di wilayah Sumberarum”, sambung pria yang hobby menanam tanaman hias tersebut.

Untuk diketahui, dengan bantuan Irigasi Pertanian Terpadu Green Belt ini, petani Green Belt  yang berjumlah sekitar 145 petani merasa puas karena dalam setahun bisa panen tiga kali, (kaerul)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Wilayah Desa

Peta Desa

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:159
    Kemarin:363
    Total Pengunjung:145.606
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:54.224.117.125
    Browser:Tidak ditemukan