SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA SUMBERARUM =============== PEMERINTAH DESA SUMBERARUM KECAMATAN KEREK KABUPATEN TUBAN =============== "MENJADIKAN DESA SUMBERARUM LEBIH MAJU , SEJAHTERA DAN SANTUN."

Artikel

Ijo Royo-Royo: Semboyan Kemakmuran Warga Sumberarum

12 Januari 2022 13:24:56  Admin  24 Kali Dibaca  Berita Lokal

Tidak dapat kita pungkiri, sektor pertanian merupakan sektor penyelamatan perekonomian nasional karena negara kita adalah negara agraris yang menggantungkan sebagian besar perekonomiannya ke pertanian. Tidak jarang setiap daerah yang ada di Indonesia khususnya di desa-desa yang diperkaya dengan hasil alam yang beragam dan berbeda jenis. Sehingga, pekerjaan petani dalam setiap daerah tentu mampu dijadikan sebagai sumber mata pencaharian.

Namun, setiap daerah pertanian mempunyai kondisi daerah yang berbeda-beda, ada yang kondisi alamnya mendukung yaitu cukup hanya dengan irigasi sungai disekitarnya, namun juga ada kondisi alamnya yang kurang mendukung yaitu untuk mengairi lahan pertaniannya harus dengan irigasi berbayar, sehingga hal ini juga akan menambah biaya pertanian.

Adapun kondisi pertanian yang ada di Desa Sumberarum dalam setahun hanya bisa panen dua kali padahal seharusnya bisa panen tiga kali karena kondisi daerahnya tadah hujan. Atas kondisi tersebut maka Kepala Desa Sumberarum berinisiatif untuk menjadikan wilayah pertanian Sumberarum menjadi area yang ijo royo-royo.

Ijo royo-royo merupakan semboyan Kepala Desa Sumberarum untuk menjadikan warganya makmur dari sisi pertaniannya, mengingat pertanian di Sumberarum adalah lahan tadah hujan. Dengan semboyan tersebut ia mengeksekusi kebijakkannya dengan langsung membuat beberapa titik pengeboran pertanian untuk irigasi petani warganya.

“Kalau saya menjabat sebagai kepala desa harus dapat membuat senyum para petani, dan Alhamdulillah terbukti sampai dengan hari ini kita sudah ada sembilan titik air yang semuanya ini untuk para petani” ungkapnya.

Semboyan ijo royo-royo mengandung arti bahwa sektor pertanian tumbuh subur dengan berbagai macam tanaman yang pada akhirnya membuat para petani makmur, hal ini sejalan dengan Visi Kepala Desa Sumberarum Narto, yaitu menjadikan Sumberarum Lebih Maju, Sejahtera dan Santun (kaerul).

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Wilayah Desa

Peta Desa

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:180
    Kemarin:363
    Total Pengunjung:145.627
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:54.224.117.125
    Browser:Tidak ditemukan