SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA SUMBERARUM =============== PEMERINTAH DESA SUMBERARUM KECAMATAN KEREK KABUPATEN TUBAN =============== "MENJADIKAN DESA SUMBERARUM LEBIH MAJU , SEJAHTERA DAN SANTUN."

Artikel

Hingga Desember 2021, Progress Vaksinasi Covid-19 Di Sumberarum Mencapai 91,10 Persen

10 Januari 2022 05:45:17  Admin  24 Kali Dibaca  Berita Lokal

Sumberarum-Progres Vaksinasi Covid-19 di Desa Sumberarum mencapai 91,10 persen per Desember 2021.

Dimusim pandemi, masyarakat dianjurkan untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya agar tidak rentan terhadap penyebaran virus covid-19. Dalam meningkatkan daya imun tubuh, tentu masyarakat mempunyai banyak ragam cara sesuai dengan pengetahuan yang ia miliki, namun secara umum pemerintah pusat telah mewajibkan masyarakatnya untuk melakukan vaksinasi guna melindungi kekebalan tubuh warga negara Indonesia, hal ini tidak terkecuali di masyarakat yang ada di Desa Sumberarum Kecamatan Kerek.

Dinamika yang berkembang di masyarakat, tentu ada yang menolak serta ada yang semangat untuk melakukan vaksinasi karena berdasarkan banyaknya informasi tentang vaksin yang mereka terima. Adapun untuk warga Desa Sumberarum sendiri secara umum sudah sangat antusias sehingga progress vaksinasinya sudah menggembirakan.

Kepala Desa Sumberarum Narto mengatakan, “Kegiatan vaksinasi untuk covid-sembilan belas sampai dengan Desember kemarin sudah mencapai sembilan puluh satu koma sepuluh persen ya jadi sudah hampir rampung”, Senin (10/01).

Tida dapat kita pungkiri, realitas di lapangan terdapat juga warga yang belum bisa untuk di vaksin karena tensi darah yang tinggi. “Terus bagaimana dengan sisanya? Sisanya adalah mereka yang punya riwayat penyakit dan tidak lolos tensi darah, jadi cuman itu saja, kalau masalah mau dan tidaknya semua mau, sudah mau semua sudah sadar semua” sambungnya.

Vaksin sesunggguhnya bukan kepentingan siapa-siapa melainkan kepentingan warga Indonesia sendiri, adapun pemerintah mewajibkan vaksinasi tersebut karena mempunyai kewajiban untuk memproteksi warganya dari pandemi covid-19. Adapun mayoritas warga Desa Sumberarum bisa dipastikan secara umum telah sadar akan pentingnya vaksin bagi mereka.

“Jadi untuk masyarakat Desa Sumberarum Alhamdulillah sudah sadar tentang adanya vaksin ini karena vaksin menyehatkan  karena menambah antibody” ungkapnya.

Capaian progress vaksinasi yang menggembirakan tersebut bukanlah merupakan kerja invidu melainkan kerjasama tim yang kompak, “Dan dari tim medis dan juga kader, begitu juga dengan perangkat Desa Sumberarum saya ucapkan matur nuwun dan sangat luar biasa ternyata njenengan kerjanya okelah bisa diacungi jempol ya” tambahnya.

Dalam kesempatan yang berbeda, Bidan Desa Sumberarum Tanti mengatakan, “Kalau untuk pencapaian vaksin covid sekitar sembilan puluh satu persenan, soalnya rata-rata sudah ter-cover semuanya, sisanya cuma berapa persenlah itu, itu tinggal lansia”.

Disamping karena tensi darah sebagai penyebab warga Sumberarum belum bisa di vaksin, sebab yang lain seperti lansia juga masih menjadi kendala untuk belum bisa dilakukan vaksinasi, disebabkan biasanya lansia tersebut mengidap berbagai penyakit.

“Lah, kendalanya di lansia itu pertama, dia ada yang berpenyakit, otomatis kan ndak bisa divaksin, terus ada juga yang masih takut itu ada juga, tapi tetap kita motivasi terus, kita tetap dekati, kita tetap kunjungi dan ada yang berhasil” sambungnya.

Bagi yang sakit, tentu tidak dibiarkan begitu saja dan menunggu kesembuhannya melainkan dari pihak tim kesehatan melakukan pengobatan secara berkala sehingga kesembuhannnya dapat diupayakan.

“Tapi untuk yang sakit kita kan masih butuh pengobatan, itu kita obati dulu, contohnya darah tinggi, soalnya kalau darah tinggi kan kita ndak bisa melakukan vaksin, tapi kalau nanti kondisinya sudah stabil kita bisa melakukan vaksin” sambungnya.

Dari usaha bersama Tim Pelaksana Vaksinasi Covid-19 di Desa Sumberarum tersebut ternyata dapat membuahkan hasil yang menggembirakan atau paling tidak Desa Sumberarum dalam progress vaksinasinya sudah mencapai titik aman karena kekompakan Tim Vaksin dan kerjasama dengan yang lain.

Ia menambahkan, “untuk tim vaksinasi kalau kita bisa kompak, saling mendukung antara Pemerintahan Desa dengan Tenaga Kesehatan, dengan Babinsa, dengan Babinkamtibmas kalau kita kompak ya bisa berhasil, sehingga paling tidak kita berada di titik aman atau diatas rata-rata untuk pencapaian progresnya, jadi mulai dari awal kita vaksin, mulai dari awal adanya vaksin covid, itu peminatnya sangat besar dari orang Sumberarum” ungkapnya.

Disamping karena kekompakannya, keberhasilan vaksinasi di Desa Sumberarum juga tidak terlepas dari kerja keras perangkat desanya dalam menghimpun data warga yang sudah maupun yang belum vaksin.

“Dan untuk data-datanya juga kan banyak yang mendukung, istilahnya kita tahu siapa yang belum, siapa yang sudah, kita bisa pegang datanya itu, soalnya kan dari tingkat RT, dari tingkat RW dan kerja sama dengan kader juga semuanya data sudah ada terkumpul, jadi kalau kita mau melakukan vaksin kita sudah tahu fokus sasarannya” tambahnya.

Untuk diketahui, warga Desa Sumberaum yang belum vaksin hingga Desember 2021 berdasarkan laporan RT adalah 201 orang atau sekitar 9,12%, (kaerul)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Wilayah Desa

Peta Desa

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:163
    Kemarin:363
    Total Pengunjung:145.610
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:54.224.117.125
    Browser:Tidak ditemukan