SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA SUMBERARUM =============== PEMERINTAH DESA SUMBERARUM KECAMATAN KEREK KABUPATEN TUBAN =============== "MENJADIKAN DESA SUMBERARUM LEBIH MAJU , SEJAHTERA DAN SANTUN."

Artikel

Pemprov Jatim Bantu Pengeboran Air Bersih Di Desa Sumberarum

21 Juli 2021 12:29:10  Admin  32 Kali Dibaca  Berita Lokal

Sumberarum-Pemerintah Provinsi Jawa Timur membantu pengeboran air bersih di Desa Sumberarum, Rabu (21/7).

Derajat kesehatan masyarakat merupakan salah satu indikator kemajuan suatu masyarakat. Faktor yang mempengaruhi derajat kesehatan masyarakat diantaranya adalah tingkat ekonomi, pendidikan, lingkungan dan sosial budayanya. Faktor yang penting dan dominan dalam penentuan derajat lingkungan adalah air. Dalam memenuhi kebutuhan hidup warga Desa Sumberarum akan air bersih adalah bantuan program pengeboran dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Kepala Desa Sumberarum Narto mengatakan, “Jadi untuk bantuan dari Ibu Gubernur yaitu Ibu Khofifah Indar Parawansa sudah kita terima dan sudah direalisasi akan tetapi memang belum bisa keluarkan airnya karena apa? Ini tetap menunggu program lanjutan dengan pengadaan sibel atau pompa air, pipanisasi dan juga tandon”.

Untuk wilayah Desa Sumberarum sendiri lambat laun mengalami pelebaran, utara desa dulunya yang hanya berupa tegalan sekarang sedikit demi sedikit sudah mulai menjadi pemukiman penduduk hal ini disebabkan karena jumlah penduduk juga semakin bertambah.

Untuk mengantisipasi kekurangan air bersih, maka pihak HIPPAM tirto arum bekerjasama dengan LPMD Sumberarum mengajukan pengeboan air bersih ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur.  Adapun jumlah nominal untuk pengeboran tersebut sekitar Rp. 200.000.000 yang dilakasanakan pembangunannya oleh Dinas Perumahan Rakyat.

“Sebetulnya suplay air bersih kita sudah mampu, akan tetapi kita harus berpikir ke depan, di mana memang manusia ini makin hari kan makin tambah, dan wilayah kita makin hari pun makin ada perluasan untuk perumahan, dan juga nanti kalau suplay air bersih yang lama trouble kan rawan” ungkapnya.

Selain itu, dari sisi geografis Desa Sumberarum sebelah utara juga dataran tinggi sedangkan sumber air bersih yang ada sekarang berada didataran rendah, hal ini tentu akan berpotensi terjadinya trouble pada mesinnya disebabkan harus mengalirkan air ke dataran tinggi tersebut.

“Program ini direalisasi oleh Ibu Khofifah, Ibu Gubernur atas usulan dari desa, karena wilayah Desa Sumberarum bagian utara berada di dataran tinggi sehingga tandon kita yang lama kurang maksimal kalau harus mensuply ke dataran tinggi tersebut, sehingga saya arahkan untuk mengebor dititik yang paling tinggi supaya nanti bisa menjangkau daerah tersebut”.

Untuk diketahui, semua titik pengeboran di Desa Sumberarum---baik pengeboran air bersih maupun irigasi pertanian---sudah ada Surat Izin Pengambilan Air Tanah (SIPA), (kaerul).

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Wilayah Desa

Peta Desa

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:195
    Kemarin:363
    Total Pengunjung:145.642
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:54.224.117.125
    Browser:Tidak ditemukan