SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA SUMBERARUM =============== PEMERINTAH DESA SUMBERARUM KECAMATAN KEREK KABUPATEN TUBAN =============== "MENJADIKAN DESA SUMBERARUM LEBIH MAJU , SEJAHTERA DAN SANTUN."

Artikel

LPJ UPKu Arum Sejahtera Desa Sumberarum Kecamatan Kerek Tahun 2021

31 Desember 2021 11:50:44  Admin  27 Kali Dibaca  Berita Lokal

Sumberarum-Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Unit Pengelola Keuangan dan Usaha (UPKu) Arum Sejahtera Tahun 2021 di Balai Desa Sumberarum.

Unit Pengelola Keuangan dan Usaha (UPKu) Arum Sejahtera memiliki manfaat yang besar dalam upaya penanggulangan kemiskinan melalui usaha simpan pinjam. Usaha simpan pinjam ini merupakan instrument yang dapat memberikan layanan  peminjaman permodalan kepada kelompok usaha masyarakat di Desa Sumberarum.

Dengan adanya usaha simpan pinjam ini sedikit demi sedikit keuangan (UPKu) Arum Sejahtera yang bergulir semakin bertambah, sehingga hal ini perlu adanya managemen pelaporan kepada para nasabah khususnya dan warga Desa Sumberarum umumnya.

Sebagai upaya keterbukaan informasi atas asset yang ada di (UPKu) Arum Sejahtera tersebut, maka pada hari Jum’at, 31 Desember 2021 diselenggarakan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) di Balai Desa Sumberarum.

Kepala Desa Sumberarum Narto mengatakan, “Untuk LPJ UPKu setiap akhir tahun harus ada laporan pertanggungjawaban”, Jum’at (31/12).

Dalam perjalannya, (UPKu) Arum Sejahtera mengalami naik turun jumlah nasabah karena berbagai persoalan, namun terlepas dari persoalan yang ada (UPKu) Arum Sejahtera bisa dikatakan berhasil karena hingga saat ini masih bisa eksis untuk dipercaya dalam mengelola keuangan oleh para nasabah.

Ditemui dalam kesempatan yang sama, Narto mengatakan, “UPKu Arum Sejahtera bisa bertahan hingga saat ini adalah karena amanah, karena UPKu mengelola uang negara, sedangkan uang negara adalah uang rakyat atau uang kita”.

Karena sebagai amanah, maka pengelola (UPKu) Arum Sejahtera selalu termotivasi untuk bagaimana mengelola keuangan nasabah dengan sebaik-baiknya, karena dengan pengelolaan keuangan yang baik maka akan berimplikasi pada bertambahnya jumlah nasabah.

Dalam kesempatan yang berbeda, Ketua BPD Sumberarum,  Suwanto mengatakan, “untuk LPJ UPKu dari tahun ke tahun sudah ada perubahan dan perbaikan dari sisi managemen serta administrasinya, namun untuk pelayanannya harus ditingkatkan karena ada sebagian calon nasabah yang mengeluhkan pelayanan yang tidak sama rata”.

Dengan bertambahnya jumlah para nasabah, tentu kas (UPKu) Arum Sejahtera Juga mengalami penambahan sehingga sebagai bentuk kepedulian kepada warga, (UPKu) Arum Sejahtera memberikan PAD nya ke Desa Sumberarum.

Ditemui dikesempatan yang sama, Ketua (UPKu) Arum Sejahtera, Minto  Wijoyo mengatakan, “Alhamdulillah tahun ini tahun 2021 dapat memberikan PAD desa senilai 10 juta”.

Untuk diketahui, “UPKu Arum Sejahtera adalah satu-satunya UPKu di Kabupaten Tuban warisan dari P2KP jaman Pak SBY yang masih tetap eksis hingga saat ini”, (kaerul).

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Wilayah Desa

Peta Desa

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:189
    Kemarin:363
    Total Pengunjung:145.636
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:54.224.117.125
    Browser:Tidak ditemukan